Fungsionalitas Edise

komponenUtama

1. Extract
Proses  membaca  data  dari  berbagai  macam sumber  dengan  menerapkan  teknik  parsing dengan  besaran  data  sesuai  parameter  input dan  ditulis  pada  memory  dengan  format tertentu

2. Transform
Proses mengubah keluaran dari proses extract menjadi  format  yang  sudah  ditentukan  dan ditulis pada storage menjadi temporary data.

3. Compress
Proses  memadatkan  temporary  data  menjadi data  yang  lebih  efisien  dalam  penyimpanan dan mempersingkat waktu transfer data.

4. Encrypt
Proses mengamankan data hasil keluaran dari proses compress agar data tidak dapat dibaca oleh  pihak‐pihak  yang  tidak  berhak.  EDISE menggunakan  enkripsi  RSA  1024‐4096, artinya  adalah  Agent  melakukan  enkripsi dengan menggunakan  public‐key  dari  Server yang ada di pusat data.

5. Send
Proses  pengiriman  data  hasil  keluaran  dari proses  encrypt  ke  tujuan  yang  sudah ditentukan  dengan memaksimalkan  jaringan yang  tersedia  dan  mampu  melakukan  proses  suspend jika network terputus dan melakukan resume jika network kembali tersambung.

6. Receive
Proses  menerima  data  dari  hasil  proses  send baik  yang  bersifat  normal,  suspend  dan resume.  Send  dan Recieve  adalah  sepasang modul  aplikasi  yang  berkomunikasi  sangat intens terkait dengan proses transfer data.

7. Decrypt
Decrypt  adalah  invers  dari  proses  encrypt, dalam  hal  ini  proses  encrypt  menggunakan public‐key dari Server yang ada di pusat data.

8. Uncompress
Proses  menyusun  kembali  data  hasil  proses compress.

9. Load
Proses menyimpan data secara Batch.

Dengan EDISE proses‐proses tersebut diatur ulang dan dikelola lebih terstruktur , efesien dan efektif serta aman.
Fungsi yang terdapat di EDISE sebagai berikut:

fungsionalitas

‐    Secure communication
EDISE memiliki  fungsi enkapsulasi  jaringan  ekslusif yang memungkinkan  data dipindahkan  secara aman. EDISE server tidak perlu merubah standar protocol akses jaringan, hanya diperlukan outgoing connection saja dari cabang.

-    Streaming input/ output
mendukung  pemindahan  secara riil time dan parallel, sehingga mempercepat proses transfer data.

‐    Checkpoint & resume
Mendukung  proses  resume,  sehingga  jika  proses  pengiriman  data  terputus, maka  akan  dikirim  data yang  tersisa  sesuai  checkpoint,  tidak  perlu  di ulang keseluruhan data.

‐    Adhoc & scheduled transferred
Proses pemindahan data bisa diatur secara flexible.

‐    Optimasi untuk WAN
EDISE didesain untuk melakukan pemindahan data pada kondisi internet yang kurang baik dengan memanfaatkan metoda kompresi, parallel processing, dan data buffering.

‐    Central repository
Mendukung pengelolaan data secara terpusat sehingga pemindahan dari satu titik  ke  titik  yang  lain  bisa  diatur  dari  HO,  tanpa  perlu  melakukan  proses intervensi ke sumber data.

‐    ETL
Edise bisa digunakan untuk melakukan pertukaran berbagai jenis sumber data antara lain: Oracle Database,  Microsoft  SQL Server, Firebird, Microsoft  Excel, PostgresSQL,  File  Transfer  (sync,copy,  move),  IBM  DB2,  Sybase,  Microsoft Access, CSV, Mysql dan basis data lain yang mendukung JDBC.

Fitur dan Kelebihan Edise

– Fleksibilitas Database dan file system
– Transformasi antar basis data
– Built in RSA 1024‐4096 Security untuk keamanan dan keutuhan data.
– Tidak memerlukan private network / VPN.
– Optimasi Jaringan, sehingga lebih realiable
– Penjadwalan yang fleksibel dan mendukung auto resume.
– Mendukung integrasi dengan job automation eksternal
– Mendukung fungsi remote
– Manajemen terpusat
– Kontrol dan pelaporan berbasis web.

Berikut adalah tabel perbandingan antara Edise dengan Platform lainnya :

FUNGSIONALITAS UTAMA

EDISE dikembangkan dengan berbasis 3 fungsionalitas UTAMA, yaitu :

•   B2B Integration,
•   Managed File Transfer (MFT), dan
•   Integration fungsionality.

B2B Integration

Business‐to‐Business  integration  bukanlah  konsep  baru dan pada kenyataannya banyak  organisasi  teknologi  informasi  telah  menjalankan  proyek  Integrasi  B2B sejak akhir 1960‐an. Sederhananya  B2B integration  berarti integrasi, otomatisasi dan optimalisasi proses bisnis kunci.

Meskipun proses bisnis bervariasi, ukuran perusahaan juga berbeda‐beda tapi ada satu hal yang tetap konsisten, otomatisasi  proses bisnis eksternal, mereka   akan selalu berinteraksi  dengan pelanggan,  pemasok,  pemerintah,  dan semua entitas terkait lainnya. EDISE memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, menjamin kualitas, ketangguhan, dan reliability.

EDISE dapan mengintegrasikan hampir semua database, yang semuanya dilakukan dengan  mengutamakan kemananan  data,  integritas  data,  dan  mengoptimalkan infrastuktur yang tersedia.

Managed File Transfer

Semakin   banyak   perusahaan   bertukar   sejumlah   besar   file   data   termasuk terstruktur  dan tidak terstruktur  seperti  media  multimedia,  data transaksi  atau laporan  ‐menggunakan  USB disk, CD atau DVD, karena  email mungkin  memiliki batasan ukuran file dan menggunakan FTP kurang aman dan tanpa jaminan. Biaya transportasi file besar dengan media ini juga dapat bertambah.

Fungsi  MFT EDISE dapat  mengurangi  biaya operasional  secara  signifikan  sambil meningkatkan visibilitas, transparansi dan keamanan transfer file. Ini memberikan sebuah pandangan  konsolidasi semua aktivitas transfer file Anda di rantai suplai anda, hubungan perdagangan dan bisnis Anda.

Integration Functionality

Dalam  roadmap  pengembangan  EDISE  akan  dikembangkan  lebih  lanjut  untuk fungsi EAI (Enterprise Application Integration), dan ESB (Enterprise Service Bus).